Rabu, 06 Maret 2013

PSAK 44 Akuntansi Aktivitas Pengembangan Real Estat (Reformat 2007)

Pernyataan dalam SAK 44 ini bertujuan mengatur perlakuan akuntansi untuk transaksi -transaksi yang secara khusus, berkaitan dengan aktivitas pengembangan real estat (real estat development activities). Hak-hak umum atau hal-hal yang tidak diatur dalam Pernyataan ini, harus diperlakukan dengan mengacu pada prinsip akuntansi yang berlaku umum.
Ruang Lingkup dalam Pernyataan ini harus diterapkan untuk perusahaan yang melakukan aktivitaspengembangan real astat, walaupun aktivitas pengembangan real estat tersebut bukan aktivitas utama perusahaan.
Aktivitas pengembangan real estat adalah kegiatan perolehan tanah untuk kemudian dibangun perumahan dan/atau bangunan komersial dan/atau bangunan industri. Bangunan tersebut dimaksudkan untuk dijual atau disewakan, sebagai satu kesatuan atau secara eceran (retail). Aktivitas pengembangan real estat juga mencakup perolehan kaveling tanah untuk dijual tanpa bangunan.
Dalam penyajian neraca perusahaan yang aktivitas utamanya adalah aktivitas pengembangan real estat, aset dan kewajiban tidak dikelompokkan (unclassified) menurut lancar dan tidak lancar.
Untuk jenis aset real estat yang diungkapkan secara terpisah dalam catatan atas laporan keuangan: a) Tanah dan Bangunan; b) Bangunan yang Sedang Dikonstruksi; c) Tanah yang Sedang Dikembangkan; dan d) Tanah yang Belum Dikembangkan.
Aset real estat yang dikembangkan disajikan terpisah dari aset real estat yang digunakan oleh perusahaan itu sendiri, yang dilaporkan sebagai aset tetap.
Pernyataan ini berlaku efektif untuk penyusunan dan penyajian laporan keuangan yang mencakup periode laporan yang dimulai pada atau setelah tanggal 1 Januari 1998. Penerapan lebih dini dianjurkan.

Tidak ada komentar: