Minggu, 28 Oktober 2012

UJIAN NASIONAL MOMOK YANG MENAKUTKAN? SALAH!!!!

Tiba saatnya anak-anak tingkat SMA/SMK/MA berpesta fora dalam acara tahunan yang estafet dilaksanakan serentak mulai dari esok hari (senin-kamis/18-21 April 2011).
tapi yang jadi permasalahn, kenapa setiap lapisan sekolah memusingkan hal itu? ingat! kebijakan pemerintah hanya 60% saja nilai yang akan diambil dari pelajaran yang di Ujiankan! kenapa harus takut? bukankah ini memang rutinitas tahunan bagi setiap sisawa ya? apalagi untuk para pelajar SMA/SMK/MA ini adalah UN untuk yang ke-3 kalinya! masih takut sama UN? mari kita flasback pada masa-masa kita sewaktu SD dan SMP, memang seala sesuatunya tidak dapat dibandingkan begitu saja, tapi tidak ada salahnya juga kan  kita mengambil pelajaran pentingnya?
masih ingat kan sewaktu SD kita hanya duduk manis menunggu soal-soal UJian kita yang diberikan oleh pengawas? tanpa basa-basi kita mengerjakan soal-soal tersebut dengan penuh semangat karena kita ingin endapatkan NEM tinggi, guru-guru kita sesekali menengok dari kaca jendela atau berpura-pura memberikan rekapan pada pengawas hanya untuk melihat cara kita mengerjakan soal-soal tersebut. dengan keluguan kita, keceriaan kita, dan serta kesungguhan kita terhadap soal-soal tersebut kita alhamdulillah kita LULUS dengan predikat terbaik minimal dalam diri kita.


setelah 3 tahun berlalu, kitapun bertemu dengan hal yang sama, kita UN lagi hanya level kita adalah SMP/MTS kita dengan sungguh-sungguh pula mengerjakan soal-soal tersebut. sekitar jam 06.00 kita semua semua sudah beada disekolah kita untuk menyiapkan segala sesuatunya. dengan enjoy kita mengerjakan soal-soal tersebut dengan harapan mendapatkan hasil yang maksimum karena kita ingin melanjutkan pada jenjang yang lebih tinggi yaitu SMA/SMK/MA, alhasil kita LULUS jua!! tanpa pesimis sedikitpun, tanpa stress sedikitpun!!


lagi-lagi setelah 3 tahun, tepatnya +-11 jam lagi kita malah dibuat sibuk oleh hal yang aneh-aneh, saya bicarakan hal yang "aneh-aneh" tanpa ada satupun yang saya tutupi, diantaranya:
1. banyak sekali SMS gelap yang beredar mengenai kebocoran soal, padahal yang saya tahu soal sudah dijaga ketat oleh aparat kepolisian (terkecuali emang setiap sekolah "membeli" soal-soal tersebut untuk dikerjakan oleh pihak sekolah lalu diforward pada siaswanya)
2. isu tentang kematian jaringan seluler dari tanggal 18-21 April 2011 dari pukul 07.00-10.00 bagi kartu yang mempunyai data lahir diatas 1992, maka harus diubah dengan cara registrasi ulang.
3. perubahan paket soal menjadi 5 paket menjadikan UN lebih menakutkan lagi, sampai-sampai setiap siswa ataupun guru mencari ide "gila" untuk menempatkan tempat duduk peserta ujian
4. akan ada pemeriksaan HP saat setiap siswa masuk gerbang sekolah oleh ITS, (memangnya semua sekolah ada gerbangnya?) kan belum tentu!
5. hal yang paling wajar adalah kita semua saling minta maaf dan memaafkan melalui SMS, yang saya rasakan ketika saya SMP dan SD dulu tidak ada hal seperti itu. memang itu hal yang bagus, tapi tahukah anda? apakah kita melakukan kesalahan yang kita perbuat hanya melalui SMS? kan tidak! jika memang begitu adanya, seharusnya kita memenita maaf pada teman-teman kita adalah pada saat bertemu dengan dia, bukan melalui SMS, kita bikin salahnya langsung kok! masa minta maafnya ga langsung?


yang diatas hanyalah hal-hal yang kecil yang saya alami saat ini, mungkin bagi anda akan ada banyak lagi.
note saya bukan ingin membuka aib siapapun ataupun sejenisnya, tapi saya hanya ingin berkata "SUDAH SIAPKAH ANDA UN?" saya yakin kita semua LULUS yang terkadang yang menjadikan kita TIDAK LULUS adalah kepercayaan kita terhadap isu yang beredar!!! mengapa kita harus percaya pada hal-hal yang (maaf) BODOH dan tidak bisa diterima akal kita?


saya akan membahas  1-4 hal diatas sesuai dengan cara pikir saya.
1. jika kita mendapatkan bocoran jawaban, masih mau kita percaya? saya masih ingat perkataan guru saya "JANGAN PERCAYA SMS GELAP! MEREKA BELUM TENTU MAU MEMBANTU KAMU", mungkin kata-kata itu wajib saya percayai karena faktanya memang begitu, kita hanya mendapatkan forward sms tersebut, jika hal tersebut memang bocor melalui SMS bukankah pemerintah kita akan tahu? selanjutnya bukankah kita jua yang akan terkena dampaknya? belum lagi jika ada razia HP saat UN! saya tidak tahu bagaimana cara pikir anda, jika anda percaya akan hal itu, berarti ANDA TIDAK PERCAYA PADA KEMAMPUAN ANDA YANG ANDA PEROLEH SELAMA 3 TAHUN! dan yang lebih mengherankan bocoran tersebut datangnya dari pihak terkait, *u** yang memberikan!! mereka seolah merendahkan kemampuan kita! yang ternyata mereka tidak menghargai ilmu yang mereka berikan kepada kita! ingat kita adalah orang terpelajar kita sudah seharusnya tahu mana yang baik dan yang buruk! ingat ALLAH selalu ada di dekat kita! bukankah itu akan dipertanggungjawabkan dikemudian hari? kita punya hati nurani yang akan menuntun kita untuk lulus! percaya pada hati nurani kita!!!


2. isu tentang mematikan jaringan seluler yang menyuruh kita untuk registrasi ulang bukankah itu hal yang gila menurut saya! apakah setiap perusahaan seluler bisa mengetahi semua identitas kita? ingat! pelajar indonesia jutaan!! jika salah mematikan jaringan, mereka akan rugi sendiri! apalagi jika pada saat kita registrasi kartu kita pertama kali asal-asalan saja, jadi sudah jelas ini hal yang konyol! ini hanya akan merugikan perusahaan seluler.


3. perubahan 5 paket soal. ini sangat ditakutkan! tapi jiak anda yakin pada kemampuan anda, kenapa harus takut! KALAH SEBELUM BERPERANG? SOALNYA SAJA KITA BELUM TAHU, KENAPA KITA HARUS TAKUT? maaf dalam hal ini bukan maksud saya sok pintar, tapi saya hanya ingin menanamkan pada diri kita semua bahwa itu bukan hal yang menakutkan! anda pasti sudah tahu semua materi-materi ujian contoh: B.INDO (deduktif-induktif, perluasan makna, majas, unsur intrinsik &ekstrinsik drama, jenis karangan, gagasan utama, simpulan, denotatif-konotatif, dsb). MTK (bilangan riil, fungsi linear, aritmatiaka (a+n(n-1)b)-geometri, peluang dan statistika, bangun ruang, bangun datar, logaritma, dsb) B.INGGRIS (adjetive clause, conditional sentence, modal auxalarry, comparative degree, tenses, direct-inditrect, dsb) bukankah itu adalah materi-materi sewaktu kita SMP? kita hanya perlu mengulang saja!!! maka dari itu, kita harus yakin dan percaya pada kemampuan kita tanmkan dalam diri kita kata-kata "GUA YAKIN LULUS DAN JADI YANG TERBAIK!!!" itu yang harus kita tanamkan, apalagi guru sudah terlalu sering mengulang-ulang materi diatas.


4. kalau memang akan ada pemeriksaan HP di depan gerbang, kenapa kita harus takut? toh itu cuma HP kan? kita pasti sudah menyimpan data penting kita pada file-file yang tidak diketahui orang lain. mereka hanya memeriksa, kalaupun mereka merampas HP kita atas dasar apa mereka merampas? tidak ada atura pelarangan membawa HP ke gerbang sekolah, dan tak akan ada bukti pula  kalau kita membuat kecurangan, toh UN-nya aja belum, gimana mau ketahuan bocoran jawaban yang kita teriama benar jawaban UN kiat! jadi santai saja.





so, apa yang akan anda takutka lagi mengenai UN esok hari!! mari kita tanamkan dalam diri kita, kita pasti bisa! percaya pada kemampuan kita, percaya pada ilmu yang sudah guru beriakn pada kita, dan sekaranglah memanfaatkan ilmu tersebut! tidak ada hal yang percuam, tidak ada yang bodoh jika kita mau berusaha! trust your self!!!
dab yang terpenting adalah, berdoa pada ALLAH SWT, minta petunjuk dan arahan yang baik, hanya kepada-Nya kita meminta. ingat apa yang kita korbankan, adalah apa yang kita hasilkan!!!
god bless you all!! keep spirit always!!

Tidak ada komentar: