Minggu, 28 Oktober 2012

NYONTEK...?! ITU DOSA BESAR!!!

ya itulah judul pembahasan saya kali ini, pembahasan saya yang satu ini terinspirasi guru saya.
kita mulai dengan bahasan nyontek itu indah!!! bener gasih? ya bisa dibilang begitu bagi sebagian orang! karena setelah berpikir lama tak ada jawaban dari soal maka pilihan terakhir dan yang paling ampuh adalah nyontek! nyontek? ya nyonteklah! mau lihat sama temen satu ruangan, mau nyontek lewat sms/hp, mau nyontek lewat buku yang ada di kolong meja, atau nyontek di catatan kecil yang ada di tempat pensil! sekali nontek ya tetep aja nyontek!
apalagi kalo cuma belajar semalem (SKS=sistem kebut semalam) dan lebih parahnya kalo yang ngawas itu guru yang killer alias jahat bin rese! nengok dikit aja langsung dikeluarin!
tapi, tahukah anda akibat dari menyontek itu?
kenapa saya katakan nyontek itu dosa besar?lantas kenapa kita mau nyontek?

mari kita jabarkan masalah diatas.
kenapa nyontek itu dosa besar?
ini pemikiran saya, ketika kita sedang menghadapi ujian nasional atau ujian akhir sekolah, atau mungkin ulangan2 yang lainnya dan anda menyontek, anda hanya akan merasa menyesal sesaat (bagi yang merasa aja), tapi sebenarnya efek dari nyonek itu akan menjalar pada kehidupan anda di masa depan! mengapa saya katakan demikian? disinilah prosesnya...
ketika anda menyontek 1 soal pada saat anda melaksanakan ujian, dan ketika hasil contekan anda itu mendapatkan nlai bagus lau masuk pada nilai raport dan ijazah, ketika anda melamar pekerjaan otomatis anda akan menggunakan ijazah anda tersebut, anda diterima bekerja karena nilai yang cukup bagus, anda mendapatkan uang/gaji, lalu anda makan gaji anda tersebut dan anda berikan pada pasangan anda/keluarga anda! mari kita ulangi lagi, anda mendapat uang dari bekerja, anda bekerja karena nilai anda bagus, anda mendapat nilai bagus karena menyontek..
intinya, ANDA MENDAPATKAN UANG KARENA HASIL MENYONTEK! dan berarti anda TELAH BERBOHONG SELAMA ANDA HIDUP!!
apakah anda mau mendapatkan uang dari berbohong secara kontinyu?
sudah jelas bagi anda orang yang berpikir tidak akan mau melakukannya!!
maka dari itu sebelum anda menyontek, pikirkanlah apa efek dari tindakan anda itu!menyontek adalah perbuatan dosa besar, karena anda telah membohongi diri anda sendiri dan orang lain!

lantas kenapa harus menyontek?
1. anda lupa dengan materi yang di ujikan.
2. anda memang malas untuk belajar
3. anda telah berusaha namun tak ada hasil sehingga harus menyontek
4. anda melihat teman anda lebih dulu keluar
5. ANDA TIDAK PERCAYA DIRI dan ANDA TIDAK PERCAYA PADA KEMAMPUAN YANG ANDA MILIKI!
INGAT, MENYESAL KEMUDIAN TIDAKLAH BERARTI, bersaha semaksimal mungkin jangan sampai anda melakukan dosa besar (nyontek) tanpa anda sadari apa dampaknya!!

Tidak ada komentar: