Selasa, 09 Juni 2015

One Day One Post "Akunting"

Pict From Google.com

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita semua, semoga Allah selalu memberikan keberkahan dalam diri kita amin.
Setelah mendapatkan ide di post terakhir tentang akuntansi, hahaha asik bahasanya ide, ya intinya tentang bagaimana cara saya untuk menghidupkan kembali blog ini yang sudah lama tak terurus, akhirnya sejak awal juni tepat 8 juni kemarin saya berusaha untuk mencoba membuat hidup kembali blog ini lewat tulisan-tulisan yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi semua pembaca,
One day one post, ya itu motivasi saya agar saya mampu mempublikasikan apa yang saya anggap dapat bermanfaat dalam blog ini setiap hari satu post.
dalam kesempatan kali ini justru saya ingin berbagi tentang kehidupan saya mengenai pekerjaan, ya lebih tepatnya pekerjaan yang sedang saya geluti sebagai seorang akuntan di salah satu hotel di Kota Bogor tercinta ini. Banyak hiruk pikuk dalam menjalani pekerjaan sebagai akuntan, karena dirasa sangatlah besar resiko yang diambil oleh seorang akuntan, terlebih dalam hal laporan yang berhubungan dengan nilai uang.
menurut pengalaman yang saya dapatkan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum teman-teman agar menjadi seorang akuntan handal dan dapat dipekerjakan layaknya seorang akuntan:

1. Pahami terlebih dahulu apa pentingnya akuntansi (Pencatatan)
Ya itulah hal pertama yang harus diperhatikan mengenai akuntan, anda harus paham terlebih dahulu agar menjadi seorang akuntan handal di perusahaan yang akan anda jadikan sebagai tempat bekerja, pahamilah terlebih dahulu apa pentingnya akuntan bagi sebuah perusahaan, layaknya seorag marketing yang berperan sebagai garda terdepan untuk mendapatkan sebuah revenue atau income di perusahaan, akuntan adalah seorang mekanik angka yang bertugas menjadi pengepul semua transaksi dalam keuangan yang terjadi selama periode tertentu, menciptakan sebuah laporan yang memiliki nilai uang, yang nantinya akan menjadi tolak ukur sebagai bahan pengambilan keputusan akan seperti apa kedepannya perusahaan tersebut dijalankan.

2. Apa pentingnya Akuntan dalam perusahaan
Nah, pertanyaan saya yang kedua akan msalah ini adalah penting gak sih kita sebagai akuntan dalam suatu perusahaan, ya pasti semua jawabannya sudah tahu, seperti yang sudah saya jelaskan pada point pertama bahwa akuntansi adalah proses pencatatan transaksi keuangan yang sifatnya penting dalam sebuah usaha, ya baik usaha dagang, jasa, ataupun manufaktur. seberapa pentingkah akuntansinya? dalam alquran pun dijelaskan bahwa proses pembukuan adalah sangat penting karena sifat manusia mudah lupa sementara uang adalah hal yang penting dalam sebuah usaha, maka pembukuan menjadi amat sangat penting.

Dari 2 hal diatas pun sudah sangat jelas apa pentingnya akuntansi dan seoarang akuntan, disamping hal tersebut ada beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh jika menjadi seorang akuntan, saat memasuki dunia kerja maka seorang akuntan adalah karyawan pertama yang mampu melihat posisi keuangan perusahaan tersebut, dan itu menjadi modal utama pula saat kita akan melamar ke sebuah perusahaan.

oke, dirasa untuk hari ini saya rasa cukup, semoga hari ini memberikan ilmu dan keberkahan yang luar biasa bermanfaat untuk kita semua.
Aminn

Tidak ada komentar: